• UC3

Beasiswa Mahasiswa

Beasiswa Mahasiswa yang ada di Universitas Jember kurang lebih ada 14 beasiswa, diantaranya :
1. Beasiswa BBP-PPA
Beasiswa Bantuan Biaya Pendidikan Peningkatan Prestasi Akademik (BBP-PPA) adalah beasiswa ini diberikan kepada mahasiswa berprestasi di bidang akademik dan diutamakan berasal dari keluarga yang tidak mampu secara ekonomi.
2. Beasiswa ADik
3. Beasiswa Bidik Misi
Jumlah mahasiswa Universitas Jember penerima beasiswa BIDIK MISI pada semester genap 2014/2015 adalah 4.061 orang dengan rincian:
1) BIDIK MISI angkatan tahun 2011 = 400 orang
2) BIDIK MISI angkatan tahun 2012 = 1.050 orang
3) BIDIK MISI angkatan tahun 2013 = 1.257 orang
4) BIDIK MISI angkatan tahun 2014 = 1.349 orang
5) BIDIK MISI Program Profesi = 5 orang
Komponen pembiayaan beasiswa BIDIK MISI adalah (1) Bantuan Biaya Pendidikan, (2) Bantuan Biaya Hidup selama delapan semester untuk Program Strata Satu dan enam semester untuk Program Diploma secara terus menerus.
4. Beasiswa Program Studi Lanjut Bidik Misi
Bidikmisi S2 yang bertujuan untuk memberikan fasilitasi bagi penerima bidikmisi yang telah menyelesaikan masa studi S1/D4 untuk melanjutkan pendidikan ke jenjang lebih tinggi. Secara teknis beasiswa ini dilasurkan melalui Lembaga Pengelola Dana Pendidikan (LPDP) yang bernaung di bawah Kementerian Keuangan.
5. Beasiswa Situbondo Unggul
Pengembangan sumberdaya manusia sudah dijadikan prioritas utama oleh Pemerintah Kabupaten Situbondo, investasi jangka panjang ini dilakukan dengan cara memberikan beasiswa kapada mahasiswa Universitas Jember yang berasal dari Situbondo dan/atau putra/putri asli Situbondo yang kurang mampu secara ekonomi namun memiliki prestasi akademik yang memadai. Beasiswa sebesar Rp. 6.000.000,00 per mahasiswa per semester diberikan dengan tata kelola yang hampir sama dengan beasiswa BIDIK MISI.
6. Beasiswa Program Banyuwangi Cerdas
Beasiswa Program Banyuwangi Cerdas merupakan program Pemerintah Kabupaten Banyuwangi untuk memberikan akses pendidikan bagi lulusan SLTA ke jenjang Pendidikan Tinggi bagi mahasiswa yang memiliki potensi akademik memadai namun terkendala kemapuan ekonominya. Beasiswa bagi mahasiswa putra/putri Banyuwangi ini di Universitas Jember diberikan sejak tahun 2011 dengan mengadopsi sistem pembiayaan beasiswa BIDIK MISI. Komponen pembiayaan beasiswa ini terdiri dari bantuan biaya pendidikan dan bantuan biaya hidup dengan julah total Rp. 1.000.000,00 per mahasiswa per bulan.
7. Beasiswa Bank Indonesia
Bank Indonesia merealisasikan hal tersebut dengan memberikan beasiswa kepada 40 mahasiswa Universitas Jember sebesar Rp. 500.000,00 per mahasiswa per bulan seperti yang tertuang dalam MoU antara Bank Indonesia dengan Universitas Jember nomor 16/198/DKom/Jr dan nomor 15497/UN25/KM/2014 tanggal 19 Desember 2014. Selain memberikan dana beasiswa, Bank Indonesia juga membina mahasiswa melalui sebuah wadah GenBI (Generasi Baru Indonesia) adalah sebuah wadah para mahasiswa dan alumni penerima beasiswa Bank Indonesia dengan skala nasional untuk memberikan sumbangsih ide, gagasan, dan pemikiran tentang pembangunan bangsa.
8. Beasiswa BNI
9. Beasiswa Taspen
10. Beasiswa Bank Mandiri
11. Beasiswa BRI
12. Beasiswa Djarum
13. Beasiswa Supersemar
Yayasan Supersemar secara konsisten telah mengambil peran dalam mencerdaskan kehidupan bangsa melalui pemberian beasiswa diantaranya kepada para mahasiswa Universitas Jember. Besaran dana dan jumlah mahasiswa penerima beasiswa sangat tergantung pada kemampuan keuangan dari Yayasan Supersemar. Selain beasiswa Supersemar Reguler juga diberikan beasiswa Supersemar Ungulan.
14. Beasiswa Benny Subianto Foundation
Kepedulian di bidang pendidikan tidak hanya dilakukan pemerintah (GO) namun juga oleh pihak-pihak swasta (NGO) antara lain Yayasan Benny Subianto Foundation. Yayasan ini didirikan oleh Benny Subianto, seorang pengusaha sukses di Jakarta yang berasal dari Kabupaten Jember. Yayasan ini didedikasikan untuk membantu para mahasiswa yang memiliki prestasi akademik namun mendapatkan kendala pembiayaan. Di Universitas Jember beasiswa ini mulai diberikan pada tahun 2014.