gedung_bio_newSejak awal pendirian,visi, misi, tujuan dan sasaran telah disusun oleh Tim Task Force program studi (prodi) Biologipada tahun 1997 berdasarkan hasil analisis internal SDM yang dimiliki serta analisis eksternal khususnya terkait dengan tantangan era globalisasi dan kemajuan di bidang biologi pada saat itu. Selain itu, mekanisme penyusunan dan revisi terhadap visi, misi, tujuan dan sasaran tersebut juga dilaksanakan dengan mempertimbangkan perkembangan akademik Kebijakan Kurikulum Nasional Biologi serta mencermati kebutuhan kompetensi lulusan yang diharapkan oleh pasar kerja terhadap lulusan prodi S1 Biologi FMIPA Universitas Jember (UNEJ).

Berdasarkan hasil evaluasi kesesuaian visi misi terhadap tuntutan stakeholder baik internal maupun eksternal maka perlu dilakukan perbaikan visi misi tersebut. Perkembangan tuntutan stakeholder eksternal yang berimplikasi pada tanggung jawab prodi dalam konservasi kekayaan sumberdaya alam (SDA) hayati tropis Indonesia serta kekhasan lokal terutama daerah Jember dan sekitarnya dengan tetap mempertimbangkan SDM yang dimiliki oleh prodi, maka prodi S1 Biologi perlu melakukan perubahan visi misi tujuan dan sasaran yang diharapkan memberikan dampak terhadap kualitas pembelajaran, penelitian, pengabdian yang berkontribusi bagi eksplorasi dan konservasi SDA hayati tropis melalui perumusan visi misi prodi S1 Biologi yang baru yang ditetapkan pada tahun 2011. Penetapan visi dan misi baru ini selaras dengan visi misi FMIPA dan juga UNEJ.

Perbaikan visi misi tersebut dilakukan dengan melibatkan seluruh komponen baik kaprodi, dosen, tenaga kependidikan, stakeholder, alumni dan mahasiswa, serta pihak fakultas. Proses penyusunan dan perbaikan visi misi dilakukan dengan penjaringan data yang didapatkan melalui kuisioner, pemanfaatan media sosial dan surat elektronik, rapat laboratorium/ kelompok bidang ilmu, dan rapat PS-S1 Biologi. Data yang terkumpul berikut dilakukan analisis SWOT (Strength Weakness, Opportunity, & Threaths) yang dituangkan dalam bentuk Evaluasi Diri Prodi S1 Biologi.

Dalam proses penjaringan data kebutuhan stakeholder prodi S1 Biologi mengakomodir hasil studi banding, workshop, penelitian, dan implementasi kerjasama nasional maupun internasional. Secara khusus untuk kerjasama tingkat nasional prodi S1 Biologi melakukan benchmarking ke PS-S1 Biologi universitas besar di Indonesia (UGM, UB, UNAIR, dan IPB) maupun upaya pengembangan performansi akademik prodi dalam bentuk perluasan kerjasama jaringan internasional dengan universitas-universitas di luar negeri seperti Eropa (Kassel University), Jepang (Osaka University dan Hiroshima University), dan Korea (Gyongsang National University dan Kyungpook National University).

icolib_pict1 icolib

Disisi lain, bidang ilmu biologi memiliki relevansi yang sangat kuat dengan isu-isu atau permasalahan yang dihadapi oleh dunia khususnya di bidang konservasi lingkungan. Oleh sebab itu, prodi S1 Biologi terpanggil untuk memberikan perhatian terhadap permasalahan global yang meliputi permasalahan kemanusiaan dan lingkungan. Disamping itu, prodi S1 Biologi juga mempertimbangkan tumbuhnya kearifan lokal dalam konservasi lingkungan. Hal tersebut selaras dengan kebijakan universitas yang tertuang dalam visi universitas yaitu unggul dalam pengembangan sainteks, berwawasan lingkungan, bisnis, dan pertanian industrial. Hasil evaluasi visi misi mengarahkan penguatan kebijakan untuk berperan aktif dalam memecahkan permasalahan global yang digunakan sebagai dasar untuk perbaikan visi misi, tujuan dan sasaran prodi S1 Biologi.

Hasil perumusan visi misi, tujuan, dan sasaran prodi S1 Biologi berikut dibahas di senat fakultas untuk ditetapkan sebagai visi misi prodi S1 Biologi. Visi misi prodi S1 Biologi tersebut tertuang dalam: (1) pedoman akademik UNEJ, (2) rencana kerja prodi S1 Biologi tahunan serta (3) pedoman mutu dan prosedur kerja prodi S1 Biologi.