Program Studi S1 Biologi telah memiliki himpunan alumni yang bergabung dalam sebuah grup di Facebook (ALUMNI FMIPA BIO UNEJ) yang beranggotakan sekitar 300 alumni. Kegiatan yang berlangsung di dalam grup ini meliputi sharing lowongan pekerjaan, sharing beasiswa untuk studi/kuliah, sharing pengalaman bekerja alumni, dan sharing pengalaman kuliah alumni yang melanjutkan studi.

Partisipasi alumni dalam mendukung pengembangan akademik program studi dalam bentuk:
(1) Sumbangan dana, alumni yang baru lulus menyumbang uang sebesar Rp. 25.000 yang diperuntukkan pembelian buku referensi.
(2) Sumbangan fasilitas, partisipasi alumni dalam mendukung pengembangan akademik berupa pembelian buku identifikasi/text book, sumbangan alat laboratorium berupa kandang metabolik untuk pemeliharaan hewan uji dan peralatan laboratorium.
(3) Keterlibatan dalam kegiatan akademik, partisipasi alumni dalam seminar internasional, sebagai narasumber
, peninjauan kurikulum, dan narasumber untuk meningkatkan kualitas riset pada tiap bidang ilmu.
(4) Pengembangan jejaring, menfasilitasi sharing informasi lowongan pekerjaan dengan mahasiswa.
(5) Penyediaan fasilitas untuk kegiatan akademik, alumni memfasilitasi dalam penyediaan tempat penelitian mahasiswa

Partisipasi lulusan dan alumni dalam mendukung pengembangan non-akademik program studi dalam bentuk:
(1) Sumbangan dana, alumni memberikan sumbangan rutin sebesar Rp 10.000 perbulan yang dibayarkan pada saat pertemuan alumni untuk pengembangan HMJ dan kegiatan-kegiatan alumni
.
(2) Sumbangan fasilitas, alumni memberikan sumbangan dalam pengadaan AC di ruang ujian skripsi, jam dinding, dan almari spesimen di ruang laboratorium, komputer.
(3) Keterlibatan dalam kegiatan non akademik, reuni 2 tahunan, kegiatan sosial, olahraga bersama.
(4) Pengembangan jejaring, alumni tergabung dalam masing-masing wilayah atau korwil alumni, forum alumni dgn prodi untuk kegiatan sosial dan pengembangan karir.
(5) Penyediaan fasilitas untuk kegiatan non akademik, menyediakan tempat kegiatan bakti sosial, tranportasi dan akomodasi kegiatan bakti sosial dalam kegiatan bantuan kemanusiaan.