Microbial Diversity in Agroindustry System

Mikrobial diversity in agroindustry system

 

Pada saat ini keris Microbial Diversity in Agroindustry System melakukan kegiatan penelitian dengan judul lsolasi dan Skrining Bakteri Pendegradasi Biomassa asal Hutan Pelangi ljen Geopark Bondowoso. Penelitian ini didanai oleh dana DIPA PNBP 2022 didasarkan pada Surat Keputusan Rektor Universitas Jember Nomor 14970/UN25/KP/2022 tanggal 15 Juli 2022 dan Perjanjian Penugasan Nomor  4162/UN25.3.1/LT/2022 tanggal 18 Juli 2022.

Penelitian ini melibatkan 2 mahasiswa tugas akhir yaitu Vivien Ajeng Pradit dengan judul lsolasi dan Skrining Bakteri Selulolitik asal Hutan Pelangi ljen Geopark Bondowoso dan Nuruli Fifi Anggraeni Dengan judul lsolasi dan Skrining Bakteri Ligninolitik asal Hutan Pelangi ljen Geopark Bondowoso.

Hasil penelitian didapatkan isolate bakteri lignoselulolitik (Kode isolate IHP) yang potensial sebagai agen degradasi biomassa. Sebagian hasil penelitian ini sudah dipresentasikan dalam International Conference on Medicinal Plants oleh mahasiswa mendapatkan penghargaan sebagai the best presenter.