9th Biological Science Day, Menanti Sang Pemenang

Biological Science Day atau yang biasa disingkat BSD ini merupakan acara tahunan mahasiswa Biologi Fakultas MIPA Universitas Jember. BSD tahun ini telah memasuki tahun yang ke Sembilan (IX). Bertemakan “Explore Your Skill, be a Brilliant Scientist!”, BSD IX Tahun 2018 ini tampil berbeda dengan penyelenggaraan tahun sebelumnya. Sesuai dengan temanya, skill (kecakapan) dalam hal uji laboratorium pada peserta lomba akan dikembangkan. “Sehingga tidak hanya ikut lomba saja, peserta juga dapat tambahan ilmu dari kegiatan ini” ujar Nuril Azizah, Ketua  Pelaksana BSD IX. Bagi siswa yang memasuki babak semifinal akan mendapatkan skill laboratorium training. Pelatihan laboratorium ini akan mempelajari lima kombi laboratorium yang ada di Jurusan Biologi, yaitu zoologi, botani, ekologi, mikrobiologi, dan bioteknologi.

BSD IX ini terdiri dari dua serangkaian acara, yaitu Olimpiade Biologi se-Jawa Timur Bali, dan Lomba Karya Tulis Ilmiah (LKTI) SMA/SMK/MA/sederajat se Jawa-Bali. Olimpiade ini akan dilakukan pada 9 region/wilayah diantaranya, Banyuwangi, Jember, Situbondo, Probolinggo, Mojokerto, Kediri, Gresik, Madura, dan Bali. Pendaftaran olimpiade telah dibuka sejak 19 Mei hingga berakhir pada tanggal 6 Oktober 2018. Seleksi region diadakan pada tanggal 7 Oktober dan dilanjut dengan semifinal dan final pada tanggal 20 Oktober. Sedangkan untuk LKTI, pengumpulan abstrak dilakukan sejak 19 Mei hingga 24 Agustus dengan subtema kesehatan, lingkungan, mikropangan, dan bioteknologi. Dan peserta yang masuk semifinal akan diumumkan pada 5 Oktober 2018.

Diikuti sekitar 300 peserta, Juara I Olimpiade Biologi BSD VIII tahun lalu dimenangkan oleh Muhammad Rakha Fairuz siswa dari MBI-Amanatul Ummah Pacet, Mojokerto. Sedangkan untuk LKTI dimenangkan oleh Tri Sunan Agung dan Satriyo Budiman dari SMA Antartika Sidoarjo. Siapakah pemenang Olimpiade Biologi dan LKTI selanjutnya?? Kita nantikan saja pada BSD IX tahun ini. Info selengkapnya kunjungi web : bsd.fmipa.unej.ac.id

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.