Berita Jurusan Biologi FMIPA

PLP Biologi ikuti Pelatihan dan Uji Sertifikasi Kompetensi Teknisi Laboratorium

Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi melalui Kemendikbudristek telah melakukan berbagai upaya untuk meningkatkan kompetensi teknis dosen dan tenaga kependidikan. Salah satu program yang diluncurkan pada tahun 2022 yaitu Program Sertifikasi Kompetensi Teknis Dosen dan Tenaga Kependidikan. Program ini sangat penting karena Dosen dan Tenaga Kependidikan sebagai SDM Perguruan Tinggi memiliki peran strategis dalam semua kegiatan akademik di Perguruan Tinggi. SDM Perguruan Tinggi diharapkan mempunyai sertifikat kompetensi untuk menyiapkan tenaga kerja Indonesia yang kompetitif menghadapi persaingan di pasar kerja global. Sertifikasi kompetensi teknis untuk dosen bertujuan agar kompetensi profesional yang dimiliki sesuai dengan rumpun keilmuannya. Sedang untuk tenaga kependidikan diharapkan dapat menghasilkan SDM yang profesional untuk menghasilkan lulusan yang kompeten.

Satu dari Pranata Laboratorium Pendidikan (PLP) Jurusan Biologi FMIPA UNEJ yakni Ir. Efie Fadjrijah Eka Dewi, M.ST., mendapat kesempatan mengikuti program tersebut. Program dilaksanakan pada 21 hingga 25 November 2022 bertempat di Sekolah Vokasi Intitut Pertanian Bogor. Dan diikuti oleh 10 orang PLP dan Teknisi yang berasal dari Universitas Jember, Universitas Hangtuah Pakanbaru, Universitas Negeri Gorontalo, Universitas Teuku Umar Acaeh, Universitas Aufa Royhan, Intitut Teknologi Sumatera, Universitas Brawijaya, Sekolah Tinggi Teknologi Ronggolawe, Stikes Bhakti Husada Mulia Madiun dan Universitas Muhammadiyah Sukabumi.

Materi diberikan selama tiga hari, untuk ujian tulis dan wawancara diberikan pada hari terakhir. Asesor berasal dari IPB yang bekerjasama dengan Lembaga Sertifikasi Profesi Laboratorium Industri Indonesia (LSP-LII). Skema yang diterapkan yakni Teknisi Laboratorium, level KKNI 5, Kategori LSP-P3 dan jenis sertifikasi nasional. Peserta akan mendapatkan sertifikat pelatihan persiapan sertifikasi kompetensi. Khusus bagi yang lulus akan mendapatkan sertifikat lulus uji kompetensi sesuai bidang yang diikuti.

Tags

Leave a comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.