Berita Jurusan Biologi FMIPA

Kunjungan Mahasiswa Biologi MK Mikrobiologi Pangan ke PT. Gading Mas Indonesia Teguh

Mahasiswa Biologi sejumlah 15 orang yang menempuh Matakuliah Mikrobiologi Pangan dibawah bimbingan Dr. Sattya Arimurti, S.P., M,Si dan Drs. Siswanto, M.Si berkunjung ke PT Gading Mas Indonesia Teguh (GMIT). PT. GMIT merupakan anak perusahaan dari PT Austindo Nusantara Jaya Tbk (ANJ), salah satu perusahaan agroindustri yang berfokus pada produk edamame beku di daerah Jember.

Kunjungan ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman mahasiswa terhadap sistem keamanan pangan terutama pada pembuatan dokumen Hazard Analysis Critical Control Point (HACCP). HACCP merupakan salah satu bentuk manajemen resiko yg dikembangkan untuk menjamin keamanan pangan dengan pendekatan pencegahan (preventive) yang dianggap dapat memberikan jaminan dalam menghasilkan makanan yang aman bagi konsumen. Penjelasan dilakukan oleh Rovie Hidayat selaku QA and QC Manager.

Rovie dan tim menyampaikan 7 prinsip sistem dan 12 langkah penerapan HACCP pada proses produksi Edamame di PT GMIT. Materi ini secara langsung mampu mengutan pemahaman HACCP pada mahasiswa yang telah diberikan melalui perkuliahan. Setelah pemberian materi selesai mahasiswa disilakan untuk kunjungan proses produksi Edamame di pabrik melalui Galeri. Mahasiswa sangat antusias kegiatan tersebut.

 

Tags

Leave a comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.